iShowuMine

Because I breathe.

Asah Asih Asuh

Seperti halnya “Gemah, Ripah, Repeh, Rapih”, “Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh"  juga menjadi semacam falsafah hidup untuk suku Sunda. Disampaikan secara turun temurun, agar kelak orang sunda dapat menjadi suku yang maju, berwawasan, juga hidup tentram dalam aktivitas interaksi sosialnya. Ketiga kata ini sangat bermakna bagi suku sunda: Silih asah, silih asih, silih asuh yang berarti: saling mengajari, saling mengasihi, dan saling mengayomi.

Asah

Secara harfiah Asah dalam bahasa sunda berarti mempertajam. Arti ini sama dengan arti sesungguhnya salam bahasa Indonesia dan secara konotatif mempunyai arti setara dengan “Ajar”. Silih asah, mempunyai makna saling bertukar ilmu, satu sama lain mengajarkan apa yang dia ketahui dan kuasai.

Asih

Asih mempunyai padanan kata dalam bahasa Indonesia, “kasih”. Silih asih berarti saling mengasihi, saling mencintai satu sama lain. Memberi perhatian, afeksi dan kasih sayang. Satu sama lain menunjukan kepeduliannya, memberikan apa yang dibutuhkan dengan tulus.

Asuh

Kata asuh ini sudah diserap secara menyeluruh dalam bahasa Indonesia dengan makna yang sama pula tentunya. Silih Asuh, saling mengasuh, mengayomi, membimbing satu sama lain. Menjaga agar tetap pada jalan yang diyakini benar, secara tradisi, hukum, dan paling utama secara agama.

Sehubungan dengan post ini, saya telah membuat 3 buah artwork yang masing-masing mewakili konsep Asah Asih Asuh ini. 

  1. adyadnda reblogged this from ranggamus
  2. ranggamus posted this